Kelebihan dan Kekurangan Browser Google Chrome dan Comodo Dragon

Browser saat ini sudah menjadi kebutuhan mutlak di era teknologi saat ini, hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan browser ini, kita bisa mencari apapun yang kita inginkan atau istilah kerennya Browsing ada juga yang sering menyebutnya dengan sebutan Googling, karena mereka mencari informasinya di situs Google.

Google Chrome memang browser yang secara harifah sudah disesuaikan dengan situs resminya yaitu Google.com namun browser ini juga masih memiliki kekurangan dan ternyata ada sebuah browser turunan dari Google Chrome yaitu bernama Comodo Dragon yang memili banyak fitur yang tak kalah dengan Chrome ini.

Baiklah langsung saja simak uraianya dibawah ini. barang kali bermanfaat untuk tugas di sekolah mapel TIK ataupun Kejurun untuk anak SMK.

1. GOOGLE CHROME

Browser Google Chrome

Google Chrome merupakan browser buatan dari Google inc. Pada interfacenya terlihat bahwa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini artinya google chrome memiliki tampilan yang cukup menarik. Chrome juga memiliki fitur “Incognito Window”. Pada mode ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak atau riwayat (history).

Kemudian fungsi pencarian yang dimiliki oleh chrome sangat baik sekali, dan terintegerasi dengan Search Engine Google.com. Fungsi yang lain masih merupakan keunggulan chrome adalah kemampuan menebalkan nama domain sebuah website yang dianggap berbahaya. Contohnya pada sebuah website penipuan beralamatkan ibank. klikBCA. D60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bahwa itu bukan situs resmi klik BCA.

Desain chrome tergolong simpel dan minimalis, mudah di update, ringan dan gesit. Selain itu chrome juga tergolong ringan dan gesit, serta memiliki security yang kuat. Saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.

Kelebihan :
 Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
 Desainnya simpel dan minimalis
 Updatenya mudah
 Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
 Google menanamkan opsi “Make Aplication Shortcut” dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti Gmail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada dekstop atau star menu. Sehingga seperti aplikasi lokal.
 Pada setiap tab yang dibuka di chrome memiliki proses yang terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu tidak akan menyebabkan seluruh browser eror (Ini kekurangan yang terdapat pada FIREFOX dan browser lainnya)

Kekurangan :
 Statis, fiturnya kurang banyak
 Instalnya harus online, crome tidak menyediakan file masterya, jadi kalau mau menginstal hanya diberi file lauchernya saja
 Untuk kecepatannya masih bisa dibilang kurang stabil, karena saat mencoba membandingkannya dengan FireFox, terlihat jauh lebih lama dalam proses loading.
 Karena bisa dibilang browser yang dalam masa pertumbuhan, tampilan yang ditayangkan oleh chrome kurang menarik, namun seiring berkembangnya browser Chrome kekurangan ini kunjung berkurang dan mungkin suatu saat akan menjadi lebih baik lagi.


2. COMODO DRAGON
Browser Comodo Dragon

Comodo Dragon merupakan salah satu chrome based browser yang benar – benar berfokus pada security dan privacy anda saat browsing di internet.

Fitur Comodo Dragon antara lain meningkatkan keamanan privacy anda, SSL certificate identification, stabilitas yang lebih tinggi, incognito mode stops cookies.

Kelebihan Comodo Dragon yaitu dengan fitur keamanan yang super tinggi ini, tentu saja mengurangi kecepatan browsing anda karena sebelum website ditampilkan dihalamn browser, website tersebut terlebih dahulu melalui beberapa pengecekan untuk memastikan keamanannya. 

Comodo akan melakukan validasi SSI, menghetikan cookies dan spy, serta mencegah didownloadnya tracking dari browser anda oleh web – web yang anda kunjungi.

Kelemahan Comodo Dragon adalah versi chrome basednya yang masih tertinggal jauh dari versi chrome saat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel